Kompetensi Lulusan

Kompetentsi Lulusan disusun sesusai dengan deskripsi KKNI level 6 yaitu level yang setara dengan jenjang Sarjana S1,
meliputi aspek Kemampuan Kerja, Penguasaan Pengetahuan, Kemampuan Manajerial dan Sikap dan Tata Nilai.

 

Rumusan Umum Kompetensi Lulusan

Untuk unsur Sikap dan Tata nilai telah dirumuskan dalam Standard Nasional DIKTI yang tertera pada Lampiran Kepmendiknas no 9 tahun 2014 tentangRumusan SIKAP dan KETERAMPILAN UMUM dari SN DIKTI.  Dimana disebutkan bahwa semua lulusan pendidikan akademik, vokasi, dan profesi wajib memiliki sikap sbb.:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat; berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

Sedangkan untuk tiga unsur terakhir disusun sesuai level capaian pembelajaran yang dituju.  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Indonesian Qualification Framework) yang menetapkan kualifikasi bagi lulusan sarjana (S1) adalah berada pada level 6,  dengan indikator sbb.:

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi (aspek kemampuan kerja)
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural (aspek penguasaan pengetahuan)
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok (aspek wewenang)
  4. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab pencapaian hasil kerja organisasi (aspek tanggung jawab)

 

Sesuai dengan deskripsi tersebut dan Pedoman Penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi-KKNI UMRAH, maka setiap lulusan S1 prodi Manajemendiharapkan memiliki kompetensi yang diklasifikasikan ke dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya, sebagai berikut:

 

Kompetensi Utama

Kompetensi utamayaitu kompetensi yang harus dimiliki lulusan program studi manajemen,adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, memiliki integritas sebagai profesional, konsultan, ilmuwan, dan wirausahawan yangmadani, cerdas dan transformatif.
  2. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan memiliki keterampilan manajemen bisnis secara profesional dalam bidang pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, operasi dan kewirausahaan bisnis.
  3. Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis secara kritis,dan inovatif berbagai kajian dan persoalan-persoalanmanajemen bisnis secara mendalam,serta mempublikasikan dan mengkomunikasikannya secara ilmiah.
  4. Mampu berperan sebagai wirausahawan yang inovatif, kreatif, dan memiliki daya saing baik secara nasional, maupun regional dan internasional.

 

Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung yaitu kompetensi yang memberikanciri khas dari keunggulan lulusan, adalah sebagai berikut:

  1. Mampu mengemban tugas kepemimpinan dan menciptakan tata kelolaorganisasi lintas budaya yang sehat.
  2. Mampu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dan memanfaatkannya untuk pengambilan keputusan manajemen secara inovatif.
  3. Terampildalam komunikasi bisnis yang efektifdalam konteks globaldan mampu berkomunikasi secara pasif dan aktif, verbal dan nonverbal dengan menggunakan bahasa asing.
  4. Mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan yang mendukung terlaksananya kegiatan bisnis berbasis kemaritiman.

 

Kompetensi lainnya

Kompetensi lainnya adalah kompetensi yang memberikan pendalaman maupun perluasan terhadap kompetensi utama dan pendukung, adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki motivasi dan inisiatif untuk senantiasa berprestasi sebagai modal dasar keunggulan daya saing.
  2. Memiliki kemampuan untuk melihat peluang bisnis, beradaptasi dan mengelola perubahan.
  3. Memiliki wawasan yang terbukadan mampu membangun jaringan secara global.